Search

Sampah yang Diangkut dari Kali Blencong Kebanyakan Plastik - Warta Kota

Laporan Wartawan Warta Kota, Junianto Hamonangan

CILINCING, WARTA KOTA -- Sampah yang diangkut oleh anggota TNI AL, Polair Polda Metro Jaya, bersama masyarakat pesisir dan nelayan dari Kali Blencong, Marunda, Cilincing, Jakarta Utara, Rabu (27/2) kebanyakan plastik.

Kepala Markas Unit Marunda Polair Polda Metro Jaya Iptu Ketut Swastika mengatakan aksi bersih-bersih yang melibatkan 250 orang dengan puluhan kapal itu berhasil mengangkut sebanyak 1,5 ton sampah.

“1,5 ton paling banyak sampah plastik. Memang kita lebih prioritaskan sampah plastik karena kalau kita lihat sampah plastik 400 tahun baru bisa terurai,” ungkap Ketut, Rabu (27/2).

Peringati HPSN, TNI-Polri dan Warga Bersihkan Sampah di Kali Blencong

Menurut Ketut, banyaknya sampah yang ditemukan di Kali Blencong berasal dari masyarakat sekitar.

Selain itu juga sampah-sampah tersebut juga terbawa arus hingga akhirnya berujung di Marunda.

“Ada dari beberapa masyarakat sekitar pesisir, kemudian ada juga hanyut karena kita kan muara, ujungnya dari kali langsung di muara Marunda,” katanya.

Sementara itu sebagai langkah antisipasi, pihaknya ingin menggugah ataupun memberi kesadaran serta motivasi dengan cara melibatkan masyarakat untuk ikut ambil bagian membersihkan Kali Blencong.

“Tentu kita akan laksanakan kegiatan kerjasama dengan instansi dan mungkin ada aturan khusus yang mengatur agar kesadaran masyarakat semakin meningkat bagaimana buang sampah sesuai kategori dan pada tempatnya,” ucapnya.

Selain itu pihaknya juga menggalakkan penggunaan tumblr di kalangan internal. Sehingga penggunaan botol air minum kemasan bisa diminimalisir yang otomatis mengurangi sampah plastik.

“Hari ini juga sudah kita mulai siapkan 150 botol termasuk isinya kita sudah bagikan, adanya kesadaran plastik berbahaya. Kita ingin mengurangi sampah plastik,” katanya. (jhs)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi dah di situ http://wartakota.tribunnews.com/2019/02/27/sampah-yang-diangkut-dari-kali-blencong-kebanyakan-plastik

Bagikan Berita Ini

1 Response to "Sampah yang Diangkut dari Kali Blencong Kebanyakan Plastik - Warta Kota"

  1. DEWAPK^^ agen judi terpercaya, ayo segera bergabungan dengan kami
    dicoba keberuntungan kalian bersama kami dengan memenangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi segera buka link kami ya :)

    ReplyDelete

Powered by Blogger.