Search

Ini Pemandangan Sungai Ledeng yang Tertutup Sampah dan Limbah Usus - Detiknews

Mojokerto - Permukaan Sungai Ledeng di Mojokerto tertutup sampah rumah tangga bercampur limbah usus ayam. Panjang permukaan sungai yang tertutup sampah sekitar 200 meter.

Pemandangan menjijikkan ini tampak di Sungai Ledeng yang berada di Dusun Sememi, Desa Modopuro, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto. Permukaan sungai dengan lebar lebih dari 4 meter itu tertutup sampah sehingga airnya tidak terlihat.

Sampah yang menutupi permukaan sungai itu kebanyakan sampah rumah tangga berupa plastik serta limbah usus ayam. Praktis, sungai ini mengeluarkan bau busuk yang cukup menyengat.

Sungai Ledeng di Mojokerto yang penuh sampah/Sungai Ledeng di Mojokerto yang penuh sampah (Enggran Eko Budianto/detikcom)

Warga setempat Afandi (50) mengatakan limbah berasal dari industri rumahan pencucian usus ayam. Menurut dia, delapan industri rumahan di Desa Modopuro membuang kotoran dan lemak dari usus ayam langsung ke Sungai Ledeng.

Usus yang telah dibersihkan biasa diolah kembali menjadi makanan ringan dan sate usus. Kemudian sampah rumah tangga dari warga sekitar juga masih terbiasa dibuang ke sungai.

"Sudah terjadi selama 10 tahun lebih. Kotoran dan lemak-lemaknya langsung dibuang ke sungai," kata Afandi kepada wartawan di lokasi, Selasa (5/11/2019).

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi dah di situ https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-4773219/ini-pemandangan-sungai-ledeng-yang-tertutup-sampah-dan-limbah-usus

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ini Pemandangan Sungai Ledeng yang Tertutup Sampah dan Limbah Usus - Detiknews"

Post a Comment

Powered by Blogger.