Search

Jorok! Sungai Temulus Kudus Dipenuhi Sampah Plastik-Popok Bekas - Detiknews

Kudus - Tumpukan sampah plastik, ranting hingga popok bekas memenuhi Sungai Piji di Desa Temulus, Mejobo, Kudus, Jawa Tengah. Aliran sungai bahkan tidak terlihat sama sekali akibat tumpukan sampah ini.

Pantauan di dekat Kantor Balai Desa Temulus, sungai itu dipenuhi sampah plastik. Tumpukan sampah ini menyembul ke permukaan sungai.

"Cuma kalau sepanjang Sungai Dawe (Sungai Piji), nuwun sewu itu bukan buangan masyarakat setempat. Namun dari kiriman," kata Sekretaris Desa Temulus, Heni Hermawati saat ditemui di kantornya, Kamis (12/12/2019).


Meski penuh sampah, menurut Heni kondisi saat ini masih tidak separah biasanya.

"Keberadaan petugas sangat membantu. Dulunya Sungai Gandongan jadi gentong sampah raksasa sekarang sudah tidak, sangat efektif. Temulus ini lumayan bersih," ujarnya.

"Per petugas, ada tiga gerobak dan satu sepeda motor roda tiga. Ada 12 kubik per hari sampahnya, lebih didominasi sampah rumah tangga. Keliling setiap hari, masing-masing petugas keliling, (jadi) nggak gitu sampah numpuk," ujarnya.

Jorok! Sungai Temulus Kudus Dipenuhi Sampah Plastik-Popok Bekas Foto: Akrom Hazami/detikcom

Diwawancara terpisah, Camat Mejobo Harso Widodo tak menampik sampah masih menumpuk di Sungai Piji. Dia berharap masyarakat desa yang berada di hulu seperti Mejobo, Golantepus, dan Tenggeles ikut proaktif menjaga kebersihan sungai.

"Insyaallah kalau sampah tidak ada, kondisi sungai yang ada di Temulus sudah cukup bagus. Termasuk pintu keluar yang ada di Jeratun kemarin sudah dinormalisasi. Insya allah tidak ada masalah," kata Harso ditemui di kantor Balai Desa Temulus.

Pihaknya juga berencana menemui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) setempat untuk menormalisasi sungai.

"Kita akan mintakan normalisasi mengurangi sempadan sungai. Dengan semakin tipisnya sempadan sungai, harapannya masyarakat tidak membuang sampah lagi di sempadan sungai," tuturnya.

"Sempadan itu biasa jadi tempat sampah warga. Normalisasi Sungai Dawe sepanjang Temulus hingga Mejobo Rp 3 miliar, tidak termasuk perbaikan tanggul, termasuk ada perbaikan jembatan agar tidak hambat laju sungai," tambah Harso.

(ams/sip)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi dah di situ https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-4820498/jorok-sungai-temulus-kudus-dipenuhi-sampah-plastik-popok-bekas

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jorok! Sungai Temulus Kudus Dipenuhi Sampah Plastik-Popok Bekas - Detiknews"

Post a Comment

Powered by Blogger.