Search

Masih Banyak Warga Buang Sampah ke Danau Cimpago Padang - Cendana News

PADANG — Kondisi Danau Cimpago Padang, Sumatera Barat, terlihat sangat memprihatinkan. Beragam sampah mengapung di danau buatan di kawasan wisata Pantai Padang itu. Petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup telah berupaya melakukan pengutipan sampah yang mengapung di Danau Cimpago menggunakan sampan.

Teguh, petugas kebersihan di Danau Cimpago, mengatakan, kondisi terparah di danau itu ketika musim hujan melanda Kota Padang. Hal ini dikarenakan pintu Danau Cimpago berada di aliran Sungai Banda Bakali yang menuju ke muara.

Dikatakannya, sampah-sampah yang terbawa arus sungai dari hulu ke muara, tidak hanya ditumpukan ke muara, tapi juga turut berbelok ke pintu air Danau Cimpago. Akibatnya, sampah-sampah yang dari berbagai sumber itu, turut mengampung di kawasan danau.

Ia mengaku sampah-sampah yang dikutipnya setiap hari itu bukanlah murni akibat dari cuaca musim hujan, tidak dipungkuri pedagang di sepanjang Lapau Panjang Cimpago itu masih belum sadar terhadap kebersihan lingkungan. Buktinya, cukup sering terlihat pihak pedagang yang ada di Lapau Panjang Cimpago tersebut sengaja membuang sampah ke tepi danau.

“Saya sering lihat pedagang yang sengaja buang sampah ke danau. Kalau saya pribadi sudah mengingatkan mereka, untuk tidak menyapu sampah-sampah itu ke danau, tapi kumpulkan ke bak sampah. Tapi buktinya, masih saja ada yang tidak menghiraukan perkataan saya itu,” katanya, yang ditemui tengah mengutip sampah di Danau Cimpago, Rabu (15/1/2020).

Teguh menyatakan dengan luas danau mencapai 650 kilometer dan kedalaman 2 meter, sampah-sampah yang dikutip per hari itu bisa mencapai 4 sampah per hari nya. Ia tidak bekerja sendiri, ada sahabatnya satu lagi yang juga turut bekerja membawa sampan ke Danau Cimpago, dan aktivitas itu dimulainya sejak pagi hingga menjelang siang.

Dari pengalamannya bekerja mengutip sampah di Danau Cimpago sejak tahun 2003 lalu, banyak hal yang ditemukannya, tidak hanya soal sampah plastik, pakaian, tapi juga berbagai jenis bangkai hewan, yang seperti sengaja dibuang ke Danau Cimpago.

“Jika ada rasa marah, ya tentu ada. Karena melihat orang yang dari waktu ke waktu tidak ada perubahan pola pikirnya untuk lebih menjaga kebersihan lingkungan,” ujarnya.

Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit saat menemui Teguh (kiri) pekerja pembersih kawasan Danau Cimpago Padang, Sabtu (11/1/2020). -Foto: M. Noli Hendra

Teguh menyatakan dari Pemko Padang telah mengeluarkan Perda Kota Padang Nomor 21 tahun 2012 tentang pengelolaan sampah. Seharusnya masyarakat lebih sadar untuk lebih peduli dengan lingkungan, dan tidak membuang sampah sembarangan.

“Belum lama ini saya bertemu dengan Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit, ketika saya sedang mengutip sampah yang mengapung di Danau Cimpago ini. Beliau menanyakan tentang kondisi danau ini, ya saya ceritakan semuanya, yang ketika itu ada Lurah Purus,” jelasnya.

Harapannya, masyarakat tidak lagi membuang sampah ke sungai, dan kepada pedagang yang di Lampau Panjangi Cimpago agar sadar untuk tidak membuang sampah ke danau lagi. Jika ingin menciptakan suasana nyaman di kawasan wisata Pantai Padang, mulailah untuk tertib membuang sampah ke tempat yang telah disediakan Dinas Lingkungan Hidup.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit, yang ditemui terpisah di sela kegiatannya, mengakui bahwa dirinya sempat menyinggahi pekerja kebersihan di Danau Cimpago yang ketika itu tengah mengutip sampah yang banyak mengapung di Danau Cimpago. Padahal tempat itu berdekatan dan masih berada di kawasan wisata pantai, maka sangat disayangkan kondisi sampah di danau yang merusak pandangan mata.

“Saya sebenarnya kasihan melihat petugas itu, melihat cuaca yang terik ini petugas kebersihan di danau itu malah lupa akan menggunakan bajunya. Mungkin saja bapak itu lelah mengutip sampah di Danau Cimpago itu,” ungkapnya.

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi dah di situ https://www.cendananews.com/2020/01/masih-banyak-warga-buang-sampah-ke-danau-cimpago-padang.html

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Masih Banyak Warga Buang Sampah ke Danau Cimpago Padang - Cendana News"

Post a Comment

Powered by Blogger.