Search

Pemda Jabar Kembangkan Konversi Sampah Plastik jadi Bahan Bakar Pengganti Batu Bara - galamedianews.com

GUBERNUR Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan Provinsi Jabar akan mengembangkan konversi sampah plastik menjadi bahan bakar pengganti batu bara, untuk skala industri. Upaya tersebut, dilakukan melalui kerjasama dengan Plastic Energy Limited Ltd.

Pembangunan pengolahan sampah menjadi biodiesel itu akan dimulai di Sarimukti di Kabupaten Bandung dan Galuga, Kabupaten Bogor, pada pertengahan 2020 dengan waktu konstruksi diperkirakan selama sembilan bulan.

"Baik Sarimukti maupun Galuga, untuk fasilitas Plastic Energy ini bisa kita mulai pembangunannya di pertengahan tahun ini selama sembilan bulan proses konstruksi," ungkapnya di Gedung Pakuan, Jln. Otista, Kota Bandung, Rabu (5/2/2020).

Menurutnya jika proyek pengolahan sampah plastik ini berhasil, Jabar menjadi provinsi pertama di Asia Tenggara yang memiliki sistem pengolahan sampah plastik terpadu.

Pihaknya berencana pengolahan sampah plastik menjadi biodiesel ini akan dibangun di lima lokasi yaitu Bandung, Bogor, Bekasi, Ciayumajakuning, dan Tasikmalaya.

Sementara, Sarimukti dan Galuga dipilih menjadi lokasi pertama karena dinilai paling siap untuk dibangun.

Disinggung terkait investasi Plastic Energy Ltd., lanjutnya, seluruh biaya konstruksi ditanggung oleh perusahaan asal Inggris itu dengan nilai sekira Rp 750 miliar per lokasi.

"Lima puluh juta euro atau sekitar 750 miliar rupiah per lokasi," katanya.

Founder and Chief Executive Officer (CEO) Plastic Energy Ltd., Carlos Monreal menerangkan bahwa kedua sistem pengolahan sampah plastik ini akan mampu mengubah 50 ribu ton sampah plastik pertahun menjadi sumber bahan bakar serupa batu bara.

"(Pengolahan sampah) di Bandung dapat menampung 600 ton sampah plastik per hari dan jika ditotal, Bandung dan Bogor dapat menampung 50 ribu ton (sampah plastik) per tahunnya," tambahnya.(rio)**

Sebelumnya, dalam agenda pertemuan dengan Kang Emil di London pada Juli 2019 lalu, Carlos lebih dulu menjelaskan bahwa 1 ton sampah plastik dapat menghasilkan 85 liter biodiesel alias green diesel yang bisa digunakan sebagai bahan bakar untuk mobil hingga truk.

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi dah di situ https://www.galamedianews.com/bandung-raya/246974/pemda-jabar-kembangkan-konversi-sampah-plastik-jadi-bahan-bakar-pengganti-batu-bara.html

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pemda Jabar Kembangkan Konversi Sampah Plastik jadi Bahan Bakar Pengganti Batu Bara - galamedianews.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.