Search

Demi Lestarikan Alam, Ainun Mengubah Sampah Plastik Jadi ...

Laporan Wartawan Tribun Medan, M Andimaz Kahfi

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Mungkin bagi sebagian orang, plastik sisa makanan atau minuman yang tidak terpakai, akan langsung dibuang ke tempat sampah.

Tapi tidak bagi Ainun Sania, wanita ini justru mampu memanfaatkan sampah-sampah itu jadi benda yang bermanfaat.

Ainun bercerita ide ini berawal dari keinginannya melestarikan alam, sebab sampah plastik bila dibiarkan begitu saja akan merusak alam, apalagi sampah membutuhkan waktu ratusan tahun baru bisa terurai.

“Kita manfaatkan sampah plastik, dijadikan sesuatu seperti yang bermanfaat, jadi akan memperpanjang usia alam,“ kata Ainun, Sabtu (13/1/2018).

Baca: Seorang Siswa Meninggal Dunia saat Karya Wisata, Begini Kronologinya

Ainun menuturkan sudah sejak tahun 2007 memulai berkreasi. Dalam sebulan Ainun bisa empat kali melakukan latihan, untuk para ibu-ibu dan siapa saja yang berminat mengikuti pelatihan daur ulang ini secara gratis.

Lebih lanjut, Ainun menjelaskan bahwa di Kelompok pengrajin anak komunitas (Kompak) yang beralamat di Jalan KL Yos Sudarso Kilometer 13,5 Medan Labuhan, lebih kurang ada 50 orang ibu-ibu binaan, yang ikut berkreasi dari bahan sampah daur ulang.

“Banyak yang bisa kita hasilkan dari sampah daur ulang, seperti bunga, aksesoris, dompet, tas dan tas belanja,“ kata Ainun.

“Penjualan masih dari kami ke kami saja dan tamu yang berkunjung ke Kompak. Seperti tadi ada beberapa orang yang beli,“ tambahnya.

Terkait harga, Ainun mengatakan untuk harga masih termasuk relatif, termurah kreasi yang di jual dari Rp 10 ribu rupiah hingga yang termahal Rp 100 ribu rupiah.(*)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi dah di situ http://medan.tribunnews.com/2018/01/13/demi-lestarikan-alam-ainun-mengubah-sampah-plastik-jadi-kerajinan-berharga

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Demi Lestarikan Alam, Ainun Mengubah Sampah Plastik Jadi ..."

Post a Comment

Powered by Blogger.