Search

Bima Arya Ajak Warga Bersihkan Sampah Puing Sisa Banjir

BOGOR - Wali Kota Bogor Bima Arya menggelar gerakan bersih-bersih di seluruh kelurahan yang terdampak luapan air sungai dan menggenangi rumah warga di Kampung Lebak Pilar, Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat.

Dalam kerja bakti itu, tampak warga cukup antusias berpartisipasi bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, Satpol Pamong Praja, Sabhara Polresta Bogor dan pihak kelurahan

BERITA TERKAIT +

Bima Arya mengajak seluruh relawan untuk mengangkat tumpukan sampah sisa luapan sungai. Bahkan, Bima terlihat turun langsung mengais tumpukan sampah-sampah untuk selanjutnya diangkut oleh petugas dinas kebersihan.

"Aksi ini serentak sampai beberapa hari ke depan. Saya perintahkan kepada camat lurah untuk turun ke lingkungan masing-masing. Dideteksi, pertama bekas dari banjir kemarin dibersihkan. Kedua yang merupakan potensi penumpukan yang mengakibatkan terganggunya aliran air juga disterilkan kembali," kata Bima, Selasa (6/2/2018).

(Baca Juga: Ini Penjelasan BMKG soal Penyebab Cuaca Ekstrem di Bogor dan Sekitarnya)

Dalam kegiatan itu, kebanyakan sampah yang dibersihkan jenis sterofoam dan sampah plastik. Bima berharap, masyarakat mengurangi penggunaan plastik dan tidak membuang sampah di sungai.

"Banyak sampah sterofoam yang mengalir dari hulu. Pesan kita untuk warga Bogor, jangan buang sampah ke sungai. Kurangi penggunaan sterofoam. Setiap wilayah harus rutin jumsih (Jumat bersih) dan mingsih (Minggu bersih). Kemarin penumpukan sampah di Jembatan Satuduit, Warung Jambu, menimbulkan pemampatan terhada aliran air. Jadi, bisa jembol jembatannya karena tertahan oleh sampah-sampah itu," jelasnya.

 

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kota Bogor, Ganjar Gunawan mengatakan, ada 19 titik yang terdampak banjir di wilayah lintasan sungai.

"Biasanya pasca-banjir lintasan mengakibatkan terjadinya genangan air dan berserakannya sampah yang terbawa hanyut arus air. Jadi, ini yang dilakukan adalah pembersihan hunian, fasilitas umum, jalan, lingkungan dan beberapa spot yang hari ini sangat masif oleh teman-teman di wilayah," ujar Ganjar.

(Baca Juga: Anies Instruksikan Wali Kota Jaktim Operasi Karbol Bila Banjir Surut)

Pembersihan sampah tersebut juga disiagakan armada truk damkar untuk menyemprot bekas endapan lumpur dan genangan air. Hasilnya, dua unit truk dan dua unit pikap sampah yang dibersihkan.

(Ari)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi dah di situ https://news.okezone.com/read/2018/02/06/338/1855699/bima-arya-ajak-warga-bersihkan-sampah-puing-sisa-banjir

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bima Arya Ajak Warga Bersihkan Sampah Puing Sisa Banjir"

Post a Comment

Powered by Blogger.