Search

Dispera KPLH Gelar Tiga Aksi di Sungai dan Darat Tentang Peduli ...

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2018, Dinas perumahan rakyat, kawasan pemukiman dan lingkungan hidup (Dispera KPLH) Hulu Sungai Selatan (HSS) akan melaksanakan tiga aksi.

Kepala Dispera KPLH HSS H MK Saputra melalui Kabid pengelolaan kebersihan Ika Aguspiannor mengatakan tiga aksi yang akan dilakukan masih terus dimantapkan persiapannya.

"Tiga aksi dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2018 meliputi kegiatan edukasi dan aksi kebersihan di lapangan baik di sungai maupun di darat ," katanya, Rabu, (14/2).

Tiga aksi yang akan dilaksanakan meliputi edukasi pengelolaan sampah terkait sosialisasi tata cara penyelenggaraan sistem pengelolaan sampah di kawasan pedesaan. Selanjutnya ada aksi kegiatan bersih sungai dan kegiatan jumat bersih.

Kegiatan dan aksi bersih bersih yang sudah dilaksanakan oleh dispera KPLH HSS dengan berbagai pihak beberapa waktu lalu
Kegiatan dan aksi bersih-bersih yang sudah dilaksanakan oleh dispera KPLH HSS dengan berbagai pihak beberapa waktu lalu (Dispera KPLH HSS)

"HPSN 2018 mengusung tema Sayangi Bumi, bersihkan dari sampah. Dengan tagline, bersih bisa kok," lanjutnya.
Untuk kegiatan aksi HPSN 2018 akan dimulai dengan aksi bersih sungai yang direncanakan akan digelar pada Jumat, (16/2) depan.

"Aksi kebersihan sungai direncanakan Jumat ini dengan melibatkan unsur masyarakat, forum komunitas hijau, masyarakat peduli sampah, meratus hijau, tagana, masyarakat umum dan pihak terkait lainnya" katanya.

Untuk aksi bersih sungai difokuskan dibantaran Sungai Amandit di belakang Pasar Kandangan hingga ke bantaran sungai di lapangan lambung mangkurat Kandangan.

"Kegiatan aksi bersih sungai akan dijadwalkan mulai pukul 08.00 Wita hingga selesai. Aksi bersih sungai akan menggunakan perahu dan sistemnya masih dirapatkan dan mantapkan sebelum aksi dilakukan," bebernya.
Setelah kegiatan aksi bersih sungai, pihaknya akan melaksanakan edukasi pengelolaan sampah terkait sosialisasi tata cara penyelenggaraan sistem pengelolaan sampah di kawasan pedesaan. Kegiatan ini diagendakan pada 21 Februari atau 22 Februari.

"Untuk aksi ini kita akan mengundang pengelola kebersihan yang ada di desa-desa. Tentunya desa yang memang sudah memiliki pengelolaan kebersihan desa," lanjutnya.

Kegiatan dan aksi bersih-bersih yang sudah dilaksanakan oleh dispera KPLH HSS dengan berbagai pihak beberapa waktu lalu
Kegiatan dan aksi bersih-bersih yang sudah dilaksanakan oleh dispera KPLH HSS dengan berbagai pihak beberapa waktu lalu ((Dispera KPLH HSS))

Pada kegiatan itu nantinya akan disampaikan terkait dengan pengelolaan sampah yang baik dan benar. Sehingga sampah-sampah yang ada di desa bisa dikelola dengan baik.

Untuk aksi Jumat bersih akan mulai dilaksanakan pada 23 Februari mendatang dengan melibatkan Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI dan Polri dan masyarakat umum.

"Aksi Jumat bersih akan dilaksanakan di pasar, terminal, jalan dalam kota dan di fasilitas publik. Surat edaran Bupati terkait dengan Jumat bersih juga akan segera diedarkan kepada semua SKPD," tambahnya (*/AOL)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi dah di situ http://banjarmasin.tribunnews.com/2018/02/14/dispera-kplh-gelar-tiga-aksi-di-sungai-dan-darat-tentang-peduli-sampah

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Dispera KPLH Gelar Tiga Aksi di Sungai dan Darat Tentang Peduli ..."

Post a Comment

Powered by Blogger.