Search

'Banjir' Sampah di Puncak Bogor

Ia sebetulnya sadar sampah-sampah itulah yang menjadi penyebab banjir di Kampung Pensiunan. Namun tidak banyak yang bisa dilakukan. “Jadi jelas (sungai) ada penyempitan karena ada sampah itu. Jadi mampet. Makanya banjir,” kata dia kepada detikX.

Ketua RT 01 Kampung Pensiunan, Agus Komarudin, mengatakan jumlah mobil angkutan sampah memang sangat kurang. Sampah diangkut tiga bulan sekali. Sementara itu, sampah-sampah yang menumpuk kadang dibakar begitu saja, kadang dibuang warga ke sungai. Dia pun tidak bisa menyalahkan warganya yang membuang sampah ke sungai.

“Sebenarnya ada sih program Eco Village, yakni penanaman pohon di sepanjang aliran sungai, terus juga pembersihan sampah. Tapi, untuk pembersihan sampah, jujur saja, itu cukup sulit,” katanya kepada detikX.

Cucup menambahkan, di kawasan Blok C juga tidak ada bak sampah. Tempat penampungan sampah hanya tersedia di lokasi Agro Wisata Gunung Mas. Namun truk sampah juga hanya seminggu sekali ke lokasi, sehingga tidak semua sampah terangkut.

“Di Blok C Gunung Mas ini ada tempat wisata. Kan wisatawan kebanyakan dari Jakarta, jadi sampahnya dari Jakarta juga. Terus kalau pada liburan di Puncak, weekend kan macet, tuh. Di mobil sambil ngemil-ngemil, nah bungkusnya itu dibuang ke jalan, ujungnya ke kali juga. Terus yang punya vila siapa? Itu orang Jakarta juga,” katanya.

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi dah di situ https://x.detik.com/detail/investigasi/20180215/Banjir-Sampah-di-Puncak-Bogor/index.php

Bagikan Berita Ini

0 Response to "'Banjir' Sampah di Puncak Bogor"

Post a Comment

Powered by Blogger.