Search

Oknum Warga Pilih Buang Sampah di Trotoar. DLHK Palembang ...

Laporan wartawan Sripoku.com, Rangga Erfizal

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Tumpukan sampah plastik hasil limbah rumah tangga terlihat menumpuk di jalan Residen Abdul Rozak Kota Palembang.

Sampah tersebut sengaja dibuang warga dipinggir jalan dengan maksud dapat diangkut oleh dinas kebersihan, nyatanya justru menumpuk dan menggangu karena sampah diletakan di trotoar jalan.

Dari pantauan Sripolu.com, Senin (19/11) sampah yang bertumpuk di trotoar membuat kondisi di sekitar trotoar jalan menjadi kotor dan timbul aroma bau yang tidak sedap.

Baca: Masuki Musim Hujan, BPBD Ingatkan Daerah Sumsel di Bagian Barat Karena Rawan Bencana

Menurut warga sekitar, Kemas, tumpukan sampah di lokasi kerap dibuang bukan oleh warga setempat.

Hal tersebut sudah belangsung cukup lama sejak satu tahun belakangan.

"Biasanya sehabis subuh sampai sekitar jam 6 ada yang datang bawa sampah dan diletakan begitu saja di pinggir jalan. Mungkin berharap ada pihak yang mengangkut," ujarya.

Baca: Berita Lubuklinggau: Antisipasi Tindak Kriminalitas, Kapolres Lubuklinggau Bentuk Tim Rajawali

Meskipun pihak Dinas Lingkugan Hidup dan Kebersihan Kota Palembang telah menyisir dan memberikan arahan setiap hari di tempat sampah dadakan, tidak menyurutkan langkah warga untuk meninggalkan sampahnya di pinggir jalan.

"Misalnya hari ini bersih, nanti malam muncul lagi yang buang sampah. Jadi, masyarakat pikir juga nanti akan diangkut oleh petugas. Karena kalau di trotoar tidak ada yang jaga. Jadi mereka bebas buang sampah," jelasnya.

Baca: Jadwal Pertandingan Bhayangkara FC vs Persipura Jayapura, Live Streaming Langsung di Ochannel

Hal serupa juga diungkapkan oleh Tina pedagang yang berjualan tidak jauh dari lokasi sampah mengaku, jika sampah sudah menumpuk lebih dari satu hari ditambah jika terjadi hujan akan menyebabkan bau yang tidak sedap.

"Baunya terasa menyengat kalau sampah itu basah. Apa lagi sekarang musim hujan. Jika ada angin pasti baunya menyengat," ungkapnya.

Baca: 4 Pemain Persib Bandung Diduga Terlibat Pengaturan Skor Yang Merebak Melalui Medsos

Sementara, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Palembang Faizal AR saat dikonfirmasi Sripoku.com, mengatakan, pihaknya setiap hari terus menyisir jalan-jalan di kota Palembang demi menjaga terus kebersihan Kota.

Dirinya pun membenarkan masih banyak masyarakat yang membuang sampah sembarangan di trotoar jalan.

Baca: 4 Kapolsek Jajaran Polres Musirawas Diganti, Berikut Daftar Nama & Penggantinya

"Kebersihan kota menjadi tanggung jawab bersama termasuk DLHK. Mobil kita terus menyisir sampah-sampah yang ada. Asal ada sampah pasti kami angkut, seperti di depan Capil."

"Saat ini kami memiliki keterbatasan mobil pengangkut namun semua diutamakan sepanjang jalan protokol terus kita lakukan pembersihan dan pengangkutan sampah," ungkapnya.

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi dah di situ http://palembang.tribunnews.com/2018/11/19/oknum-warga-pilih-buang-sampah-di-trotoar-dlhk-palembang-setiap-hari-diangkut-tapi-kurang-armada

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Oknum Warga Pilih Buang Sampah di Trotoar. DLHK Palembang ..."

Post a Comment

Powered by Blogger.