Search

VIDEO: Sampah di Kali Unisma Bekasi Menumpuk dan Menjijikan - Warta Kota

Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto mengatakan, ditundanya pengerukan sampah dan eceng gondok pada Kali di Jalan Unisma, Bekasi Timur disebabkan terkendala alat berat.

Seharusnya kali dijadwalkan dikeruk pada hari ini Minggu (9/12/2018).

Tri mengatakan, saat ini alat berat yang akan digunakan untuk mengeruk Kali tersebut masih dipakai. Oleh karena itu, dia memastikan dalam waktu dekat kali itu segera dikeruk agar aliran air kembali lancar.

"Harusnya jadwalnya hari minggu ini, tapi karena alat itu belum selesai di Bekasi Barat, ya kemudian mudah-mudahan Selaasa (11/12/2018) atau Rabu (12/12/2018) kita angkat sampah-sampaj yang ada," kata Tri kepada Kompas.com.

Tri menjelaskan, pengangkatan sampah, lumpur, dan eceng gondok pada kali itu harus menggunakan alat berat. Sebab kedalaman kali yang mencapai 12 meter tidak memungkinkan pengangkatan sampah dilakukan secara manual.

"Kedalamannya cukup tinggi ya 13 meter sehingga tidak bisa dilakukan secara manual. Itu harus menggunakan (alat berat) yang long arm menggunakan belalai yang panjang," ujar Tri.

Tri pun mengimbau kepada warga kota Bekasi agar tidak membuang sampah sembarangan termasuk kedalam saluran air atau kali. Sebab sampah yang berada dalam kali bisa menimbulkan genangan hingga banjir di kawasan pemukiman warga atau jalan protokol.

Sebelumnya diberitakan, Kali di Jalan Unisma, tepatnya di samping Universitas Islam 45 (UNISMA) tampaak kumuh dan dipenuhi sampah, Rabu (5/12/2018).

Pantauan Kompas.com, sampah plastik hingga limbah rumah tangga menutupi kali. Terdapat juga tanaman eceng gondok dan endapan lumpur yang membuat aliran air kali tersendat.

Aroma tak sedap kerap tercium ketika melintas dekat kali tersebut. Air kali nampak keruh dan menimbulkan busa.

Penulis: Dean Pahrevi

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi dah di situ http://wartakota.tribunnews.com/2018/12/09/video-sampah-di-kali-unisma-bekasi-menumpuk-dan-menjijikan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "VIDEO: Sampah di Kali Unisma Bekasi Menumpuk dan Menjijikan - Warta Kota"

Post a Comment

Powered by Blogger.