Search

10 Truk Angkut 'Gunung Sampah' di Bawah Jembatan Arosbaya Bangkalan - Surya

SURYA.co.id | BANGKALAN - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bangkalan mengerahkan sebanyak 10 unit truk sampah dan kendaaraan backhoe loader guna mengangkut 'Gunung Sampah' di bawah Jembatan Tambengan Desa, Arosbaya, Kecamatan Arosbaya, Bangkalan, Rabu (6/3/2019).

Permasalahan sampah di bawah jembatan telah lama menjadi perhatian para pengendara. Tumpukan sampah jelas terlihat di bahu sungai sisi timur jembatan.

Camat Arosbaya, Anang Yulianto mengungkapkan, masyarakat setempat kebingungan ketika hendak membuang sampah karena memang tidak ada tempat pembuangan sampah.

"Akhirnya dibuang di situ (Jembatan Tambengan). Jadilah 'Gunung Sampah'," ungkap Anang Yulianto kepada Surya.

Kegiatan tersebut melibatkan para perangkat desa, kecamatan, puskesmas, mahasiswa, siswa SMPN 1 Arosbaya, Forum Komunikasi Arosbaya Bersatu, hingga Polsek dan Koramil Arosbaya.

Anang menjelaskan, kebingungan masyarakat setempat dalam membuang sampah dikarenakan hingga saat ini tidak ada fasilitas untuk menampung sampah rumah tangga.

"Secara aturan memang di luar tanggung jawab DLH. Sedangkan bak sampah di pasar, khusus sampah dari pasar," jelas Anang.

Saat ini telah diterbitkan Peraturan Bupati (Perbup) Bangkalan Nomor 47 Tahun 2018 Tentang Kebijakan dan Strategi Kabupaten Bangkalan dalam Pengolahan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga.

Perbup tersebut sebagai tindak lanjut atas Peraturan Presiden Nomor 97 Tahun 2017 Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga.

Anang mengatakan, pihaknya bersama perangkat desa dan masyarakat tengah menggagas pengolahan dan pemilahan sampah sebelum dikirim ke TPA.

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi dah di situ http://surabaya.tribunnews.com/2019/03/06/10-truk-angkut-gunung-sampah-di-bawah-jembatan-arosbaya-bangkalan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "10 Truk Angkut 'Gunung Sampah' di Bawah Jembatan Arosbaya Bangkalan - Surya"

Post a Comment

Powered by Blogger.