Search

Duh! Tiap Hari Warga Buang 5 Ton Sampah ke Danau Sentarum Kalbar - detikNews

Kapuas Hulu - Danau Sentarum di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, setiap hari dijadikan tempat sampah bagi warga sekitar. Ada sekitar 5 ton sampah yang dibuang ke danau tersebut per harinya.

"Ada sekitar 10.000 jiwa penduduk yang tinggal di kawasan Danau Sentarum dan paling tidak ada lima ton setiap hari sampah di kawasan tersebut," kata Kepala Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum Kapuas Hulu, Arief Mahmud, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, yang dilansir Antara, Senin (4/3/2019).

Dikatakan Arief, Danau Sentarum merupakan salah satu dari 15 danau prioritas yang memiliki masalah dengan sampah. Menurut dia, Taman Nasional Danau Sentarum telah bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mengatasi persoalan sampah di kawasan danau Sentarum.

Sementara itu, Wakil Bupati Kapuas Hulu, Antonius L Ain Pamero meminta agar masyarakat Kapuas Hulu untuk peduli sampah yang harus dimulai dari lingkungan keluarga.

"Penting sampah menjadi perhatian kita bersama dan harus kita mulai dari lingkungan keluarga," kata Antonius.

Danau Sentarum merupakan kawasan Taman Nasional yang juga merupakan paru-paru dunia dan dikelola menjadi tempat wisata alam yang memiliki beraneka spesies ikan air tawar mau pun tumbuh dan hewan lainnya di dunia. Sebagai kawasan wisata yang masuk destinasi tingkat nasional, setiap tahun pemeirntah mengagendakan Festival Danau Sentarum.

(rvk/asp)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi dah di situ https://news.detik.com/berita/d-4452961/duh-tiap-hari-warga-buang-5-ton-sampah-ke-danau-sentarum-kalbar

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Duh! Tiap Hari Warga Buang 5 Ton Sampah ke Danau Sentarum Kalbar - detikNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.