Search

Program Tukar Sampah dengan Emas Digulirkan di Kota Cirebon - Republika Online

Program tukar sampah akan digulirkan di 18 RW lainnya.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON – Program sampah menjadi tabungan emas (Clear and Gold) mulai digulirkan di Kota Cirebon. Selain mengatasi persoalan sampah, program itu juga sekaligus bisa meningkatkan ekonomi masyarakat.

Program tersebut digulirkan oleh PT Pegadaian, sebagai bagian dari Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD). Peluncuran program itu dilakukan oleh Wakil Wali Kota Cirebon, Eti Herawati, di RW Merbabu Asih, Kelurahan Larangan, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, Sabtu (30/3).

‘’Kami menyadari, sampah sudah menjadi persoalan serius sehingga memerlukan penanganan semua pihak, termasuk masyarakat,’’ ujar Eti.

Eti pun optimis, program memilah sampah menjadi tabungan emas itu bisa menjadi solusi mengurangi sampah dan berperan mewujudkan kebersihan kota. Selain itu, program inovatif tersebut juga sekaligus bisa menjadi sumber penghasilan masyarakat.

Tak hanya di RW Merbabu Asih, Eti menambahkan, program sampah menjadi tabungan emas juga akan digulirkan di 18 RW lainnya. Dengan demikian, program tersebut bisa dirasakan manfaatnya secara lebih luas.

Selain itu, dalam upaya mengatasi persoalan sampah, Pemkot Cirebon juga sedang mempersiapkan 32 TPS mobile. Upaya tersebut sebagai bentuk percepatan pembangunan dalam mempersiapkan pariwisata yang unggul.

Dalam kesempatan yang sama, Plh Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wilayah Cirebon, Nana Rosdiana, mengungkapkan, program clear and gold yang digulirkan PT Pegadaian itu merupakan inovasi unggulan. Program tersebut diinilai dapat membantu Pemkot Cirebon dalam mengatasi sampah.

‘’Program ini juga menjadi ajang sosialisasi Pegadaian dan OJK dalam meningkatkan akses keuangan hingga tingkat RW se-Kota Cirebon,’’ tukas Nana.

Hal senada diungkapkan Pimpinan Wilayah Pegadaian Cirebon, Mufri Yandi. Menurutnya,  program clear and gold merupakan langkah Pegadaian membantu Pemkot Cirebon dalam mewujudkan kota bersih.

‘’Kami mengajak partisipasi masyarakat membantu program ini, termasuk penggunaan bank sampah. Kami sudah menyediakan 18 bank sampah se Kota Cirebon,’’ kata Mufri.

Ketua RW Merbabu Asih, Agus Supriono, mengungkapkan, masyarakat Merbabu Asih siap menyukseskan program clear and gold sebagai bentuk kesalehan terhadap lingkungan.

‘’Saya mengajak semua warga Merbabu Asih untuk menjaga lingkungan,’’ tandas Agus.

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi dah di situ https://nasional.republika.co.id/berita/nasional/daerah/pp80lc368/program-tukar-sampah-dengan-emas-digulirkan-di-kota-cirebon

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Program Tukar Sampah dengan Emas Digulirkan di Kota Cirebon - Republika Online"

Post a Comment

Powered by Blogger.