Search

Keren! Suardi Ubah Sampah Plastik Menjadi Bensin dan Solar - Tribunnews

TRIBUNNEWS.COM, BINTAN - Kembangkan dan gunakan ilmu yang didapat dari pelatihan untuk mengelolah sampah plastik, Suardi pengawas UPTD TPA Ganet Tanjungpinang berhasil kelola sampah plastik menjadi hasilkan bensin dan solar di TPA Ganet.

Suardi yang baru setahun lebih bekerja sebagai pengawas di TPA Ganet Tanjungpinang ini, memang tidak diragukan lagi atas kepintaran dan kemampuannya untuk menyalurkan ilmunya saat mengikuti pelatihan di Bekasi 6 tahun lalu.

Sebab dirinya bisa memanfaatkan sampah plastik untuk diolah menjadi menghasilkan bensin dan solar.

Hal itupun tercapai dibuat olehnya di TPA Ganet Tanjungpinang.

Baca: Modus Janji Akan Menikahi, Dede Berkali-kali Cabuli Gadis di Bawah Umur yang Kenal Lewat Facebook

Baca: Nyawa Boy William Nyaris Melayang 3 Kali, 3 Kisah Kecelakaan ini Jadi Titik Baliknya

Baca: Denni Nekat Bunuh Diri di Hari Pertunangannya

Adapun sejumlah alat yang digunakan untuk memproduksi solar dan bensin yang dirakit oleh Suardi sendiri, juga diambil dari sisa-sisa barang sampah yang dibuang warga di TPA Ganet Tanjungpinang.

Proses pembuatan alat ini juga tidak memakan waktu lama, kurang lebih tiga hari saja untuk merakitnya.

"Jadi alat-alat yang ada ini adalah hasil dari rakitan kita sendiri dengan memanfaatkan sejumlah sampah yang dibuang di TPA Ganet ini," ucapnya.

Proses pengolahan sampah plastik yang menghasilkan bensin dan solar ini juga hanya memakan waktu 3 jam saja dalam proses pembakaran sampah di dalam tabung yang hanya bisa memuat 5 kilogram sampah plastik.

Jenis sampah plastik yang diolah juga bukan semua sampah plastik bisa digunakan, melainkan sampah plastik berupa kantong plastik putih atau bening.

Selama proses pembakaran akan menghasilkan uapan yang menghasilkan 2,5 liter bensin dan 1,5 liter solar yang otomatis akan masuk di dalam kedua botol yang sudah disediakan selama proses pembakaran.

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi dah di situ http://www.tribunnews.com/regional/2019/06/23/keren-suardi-ubah-sampah-plastik-menjadi-bensin-dan-solar

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Keren! Suardi Ubah Sampah Plastik Menjadi Bensin dan Solar - Tribunnews"

Post a Comment

Powered by Blogger.