Search

Sampah Pemudik 16.100 Ton per Hari - Medcom ID

Jakarta: Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memperkirakan volume sampah selama musim mudik Lebaran hingga balik tahun ini mencapai 16.100 ton per hari. Sampah sebanyak itu terdiri atas styrofoam, kemasan mi instan, botol minuman, gelas plastik, kertas pembungkus makanan, peralat-an makan plastik sekali pakai, dan kemasan plastik.
 
Direktur Pengelolaan Sampah KLHK Novrizal Tahar menyebutkan, setiap orang rata-rata menghasilkan 0,7 kilogram (kg) per hari. Jumlah tersebut akan terus bertambah jika tidak dikendalikan untuk mengurangi sampah plastik.
 
Pada musim mudik Lebaran tahun lalu, lanjutnya, KLHK mencatat volume sampah di satu tempat peristirahatan mencapai 10 ton per hari. Jumlah itu bertambah tiga kali lipat dari hari biasa, yakni sekitar 3 ton.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menyebutkan penerapan mudik tanpa sampah plastik pada Lebaran tahun ini lebih baik dari tahun sebelunya. Secara umum koordinasi dan persiapannya jauh lebih baik.
 
"Tahun ini lebih baik dan lebih siap. Instruksi kami sudah dikoordinasikan lebih awal kepada pemda (pemerintah daerah), jadi pemda punya waktu cukup untuk menerapkannya," ujar Novrizal, Rabu, 12 Juni 2019.
 
Selain kampanye pengurangan sampah plastik yang terus digencarkan, koordinasi dan upaya pemda lebih aktif melakukan pemantauan berbagai lokasi yang dilewati pemudik juga terus didorong.
 

(ALB)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi dah di situ https://www.medcom.id/nasional/daerah/xkE39z3N-sampah-pemudik-16-100-ton-per-hari

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sampah Pemudik 16.100 Ton per Hari - Medcom ID"

Post a Comment

Powered by Blogger.