Search

Sampah imbas banjir Jakarta capai 2.000 ton, 95% batang pohon ...

Banjir di Jakarta mulai surut kendati hujan deras masih terus mengancam.

Dan petugas maupun warga mulai berkutat dengan masalah ikutannya: pembersihan lumpur dan sampah, yang hingga Kamis siang saja sampah yang berhasil diangkut mencapai 2.000 ton.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Isnawa Adji, menuturkan, selama tiga hari terakhir terkumpul sekitar 2.000 ton sampah yang hanyut di sungai Ciliwung. Jumlah ini sekitar 6 kali jumlah sampah yang dikumpulkan dari sungai.

"Total (sampah diangkut) di Ciliwung dari hari Minggu (04/02) sampai sekarang sudah 2.000-an ton," ujar Isnawa kepada Ayomi Amindoni dari BBC Indonesia, Kamis (08/02).

"Kebanyakan, 95% adalah batang-batang pohon dan rumpun bambu. Walaupun ada juga stereofoam, plastik, bahkan bangku, meja dan lain-lain," imbuhnya.

Menurutnya, ini merupakan dampak dari kuatnya arus sungai Ciliwung yang mengikis tanah di bantaran sungai Ciliwung, yang membuat banyak pohon tumbang atau tercerabut dari akarnya.

Dalam kondisi normal, sampah Jakarta mencapai sektiar 6.700 - 7.000 ton per hari. "Dari jumlah itu, sekitar 300 ton berasal dari kali, sungai, waduk, dan danau," jelas Adji.

Pada saat cuaca ekstrim seperti sekarang ini ketika ketinggian air di Katulampa memiliki status siaga 1 -level tertinggi ancaman banjir, ditambah dengan peningkatan intensitas hujan, jakarta juga menderita kiriman sampah dari hulu.

"Sempat kemarin di pintu air Manggarai ada 200 ton diangkat dari sana. Kemudian di Kampung Melayu ada 188 truk sampah dari Senin (5/2) sampai Selasa (6/2) pagi," kata Adji.

Hingga kini pihaknya masih mengerjakan pembersihan lumpur dan sampah,

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi dah di situ http://www.tribunnews.com/internasional/2018/02/08/sampah-imbas-banjir-jakarta-capai-2000-ton-95-batang-pohon-dan-rumpun-bambu

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sampah imbas banjir Jakarta capai 2.000 ton, 95% batang pohon ..."

Post a Comment

Powered by Blogger.