Search

Mereka Geleng-geleng Kepala Lihat Sampah Berserakan di Istiqlal

Jakarta - Sampah berserakan seusai salat Idul Fitri di halaman Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Petugas kebersihan mulai mengangkut sampah koran hingga aneka plastik yang ditinggalkan jemaah.

Petugas kebersihan Masjid Istiqlal terlihat menyapu, menyerok, dan memadatkan 'peninggalan' jemaah itu di bak sampah, halaman Istiqlal, Jakarta Pusat, Jumat (15/6/2018).

"Harusnya mereka sadarlah, kita kan juga nggak bisa tegur satu-satu supaya mereka nggak ninggal sampah," kata Yunus sambil berdiri di dalam bak hijau.

Dia berusaha memadatkan sampah di dalamnya dengan cara menginjak-injak supaya bak itu muat banyak. Pria 58 tahun berkumis tebal ini juga menunjuk sampah-sampah di Sungai Ciliwung depan masjid. Sebagian jemaah juga membuang sampah ke sungai itu.

"Kalau itu sampahnya bercampur, ada yang dari orang di sini tadi buang sampah. Ada juga sampah yang terbawa sampai sini," kata dia, melihat air sungai yang hitam.

Petugas membersihkan sisa sampah usai salat Id di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (15/6/2018)Petugas membersihkan sisa sampah seusai salat id di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (15/6/2018) Foto: Danu Damarjati/detikcom

Rekannya, Ronal (35), memegangi bak sampah supaya Yunus tidak terjungkal saat berusaha memadatkan sampah. Ronal juga geleng-geleng kepala melihat ada jemaah yang acap meninggalkan koran-koran hingga plastik bekas kemasan makanan di halaman Istiqlal.

"Koran itu kan buat alas salat. Harusnya mereka itu jangan bawa koranlah. Lebih baik mereka bawa tikar dari rumah supaya nggak ada koran yang dibuang di sini," kata Ronal.

Ron sudah 10 tahun bekerja di sini. Namun dia belum juga bisa memaklumi kejorokan warga bila rampung menunaikan ibadah, termasuk di hari fitri ini.

"Harapan saya, mereka sadar diri. Jangan berantakan begini. Malulah kita sebagai orang Islam kalau kotor seperti ini," kata Ronal.

Video saat Anies dan JK Salat Id Bareng di Istiqlal

[Gambas:Video 20detik]


(dnu/fdn)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi dah di situ https://news.detik.com/berita/4069231/mereka-geleng-geleng-kepala-lihat-sampah-berserakan-di-istiqlal

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mereka Geleng-geleng Kepala Lihat Sampah Berserakan di Istiqlal"

Post a Comment

Powered by Blogger.