Search

Sampah Menumpuk di Pinggir Jalan Kalimalang Cikarang Barat ...

Laporan Wartawan Wartakota, Muhammad Azzam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sampah menumpuk di pinggir Jalan Raya Inspeksi Kalimalang, Kelurahan Sukadanau, Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi.

Pantauan Warta Kota, tumpukan sampah itu berada di sepanjang 300 meter Jalan Raya Inspeksi Kalimalang. Keberadaannya tidak enak dipandang serta menimbulkan bau tak sedap. Sampah yang menumpuk dominan sampah rumah tangga.

Agus (33), salah satu pengendara, merasa terganggu dengan keberadaan tumpukan sampah itu. Ia mengaku menahan napas setiap kali melintas di sana, agar bau sampah tidak tercium.

"Kalau lewat pasti suka tahan napas, bau soalnya. Kayaknya mah itu tumpukan semakin banyak, dibiarin gitu aja," ucap Agus yang bekerja di Kawasan Industri Cikarang.

Sedangkan aktivitis lingkungan Kabupaten Bekasi Lili Braja mengungkapkan, banyak warga yang membuang sampah di bahu jalan umum menjadi masalah.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, dalam hal ini Dinas Kebersihan dan Pertamanan, diminta peka dan bertindak.

“Harusnya pihak dinas peka dan merumuskan solusi-solusi yang nyata untuk masyarakat,” ujarnya kepada Warta Kota, Minggu (3/6/2018).

Dia mencontohkan, salah satu solusi itu adalah membuat bak besar penampungan sampah sementara di setiap wilayah, dan diatur secara berkala untuk diangkut ke Tempat Pembungan Akhir (TPA).

“Sejak dulu tindakan Pemkab lambat dalam menangani soal tumpukan sampah ini," katanya.

Padahal, lanjut Lili, Pemkab Bekasi harus peka dan proaktif, jangan hanya menunggu masalah.

"Simpel padahal kalau memang mau bergerak, tinggal buat aturan yang secara tegas bagi masyarakat yang membuang sampah sembarangan, baik sanksi administrasi, pidana, dan sanksi moral. Harus mencari solusinya, masa urusin soal sampah aja tidak selesai-selesai," paparnya.

Sampah di bahu jalan umum ini bisa didapati dengan mudah di Cibening, Setu, yang ada sekitar empat titik. Juga ada di Serang Baru, Cibarusah, Cikarang Pusat, Babelan, Kalimalang, dan Cikarang Timur.

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi dah di situ http://www.tribunnews.com/metropolitan/2018/06/03/sampah-menumpuk-di-pinggir-jalan-kalimalang-cikarang-barat-warga-mulai-terganggu

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sampah Menumpuk di Pinggir Jalan Kalimalang Cikarang Barat ..."

Post a Comment

Powered by Blogger.