Search

Tumpukan Sampah Penuhi Sungai Cicurug, Ini Kata DLH Kota Cimahi

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kebersihan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi, Usep Koswara menyebut, sampah yang menumpuk di Sungai Cicurug, Kampung Cibodas, RT 01/15, Kelurahan Utama, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi kerap dibersihkan dengan melibatkan tim kecebong.

Ia mengatakan, tumpukan sampah di Sungai Cicurug berasal dari wilayah Utara dan Tengah Kota Cimahi yang terbawa derasnya air saat hujan deras sehingga bermuara di sungai wilayah selatan.

"Total ada sekitar 1,5 ton sampah yang diangkut petugas dari sungai itu," ujarnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (20/11/2018).

Namun belum meratanya ketersediaan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di Kota Cimahi, diduga menjadi salah satu penyebab munculnya prilaku buruk warga dalam membuang sampah ke sungai.

"Jumlah TPS di Kota Cimahi belum ideal, sehingga kesadaran masyarakat dalam membuang sampah belum tumbuh merata, jadi mereka membuang sampah ke sungai," katanya.

Hati-hati, Sore hingga Malam Hari Beberapa Daerah di Jabar Ini Berpeluang Diguyur Hujan

Ia mengatakan, saat ini Kota Cimahi baru memiliki 13 unit TPS yang dikelola Pemerintah Kota Cimahi.

Padahal, kebutuhan idealnya minimal dua unit TPS untuk 15 kelurahan se-Kota Cimahi.

"Jauh dari kebutuhan, saat ini TPS yang ada baru 30 persennya. Minimal 15 kelurahan, per kelurahan rata-rata kurang dari dua TPS yang dikelola Pemerintah Kota Cimahi," katanya.

Sebenarnya, kata dia, Pemerintah Kota Cimahi siap untuk membangun TPS di semua kelurahan. Namun, kendalanya kerap kesulitan memperoleh izin dari masyarakat.

Mengintip Rumah Sekda Tasikmalaya yang Terjerat Kasus Korupsi Dana Hibah, Mewah tapi Sepi

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi dah di situ http://jabar.tribunnews.com/2018/11/20/tumpukan-sampah-penuhi-sungai-cicurug-ini-kata-dlh-kota-cimahi

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tumpukan Sampah Penuhi Sungai Cicurug, Ini Kata DLH Kota Cimahi"

Post a Comment

Powered by Blogger.