Search

Bayar Pakai Sampah, Warga di Bangka Belitung Bisa Naik Bus Gratis | merdeka.com - merdeka.com

Merdeka.com - Pemerintah Provinsi Bangka Belitung (Babel) memiliki cara yang unik untuk melarang para pelajar membawa kendaraan pribadi ke sekolah sekaligus mengatasi masalah sampah. Salah satunya dengan menyediakan bus gratis.

BERITA TERKAIT

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan mengatakan, pihaknya telah memberikan bantuan bus sekolah gratis untuk pelajar desa. Sebanyak dua unit bus sekolah dioperasikan di desa Cupat, Bangka Tengah.

Dia mengatakan, bus sekolah ini memang sengaja disediakan untuk pelajar yang tinggal di perdesaan. Dengan demikian diharapkan para pelajar tidak membawa kendaraan pribadi ke sekolah demi kedisiplinan dan keselamatan.

"Bus ini digunakan untuk menjemput siswa-siswi berangkat ke sekolah. Dengan bus ini, bersama-sama ke sekolah dan lebih disiplin. Tidak boleh anak menggunakan sepeda motor lagi," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (8/12).

Selain untuk para pelajar, masyarakat desa juga diizinkan menggunakan bus tersebut sebagai akomodasi. Namun syaratnya, masyarakat harus membayar iuran sampah plastik.

"Warga boleh menggunakan fasilitas bus tapi untuk akomodasi dan tujuan yang bermafaat. Contohnya, warga bisa menggunakan ini ke Pelembang untuk belajar mengelola lada. Jika warga ingin menggunakannya silahkan, tapi wajib membayar iuran sampah plastik," papar dia.

Penyediaan bus sekolah gratis ini sudah terlaksana di sejumlah daerah di Babel. Saat ini, Babel menerima lebih dari 20 unit bus atas kerjasama program corporate social responsibility (CSR) perusahaan yang ada di provinsi tersebut.

Sumber: Liputan6

Reporter: Septian Deny [idr]

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi dah di situ https://www.merdeka.com/uang/bayar-pakai-sampah-warga-di-bangka-belitung-bisa-naik-bus-gratis.html

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bayar Pakai Sampah, Warga di Bangka Belitung Bisa Naik Bus Gratis | merdeka.com - merdeka.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.