Search

Duh! Waduk Pusong Lhokseumawe Berbau Tak Sedap Akibat Sampah Plastik - detikNews

Lhokseumawe - Kurangnya kesadaran masyarakat membuang sampah pada tempatnya terus menjadi momok bagi setiap daerah di Indonesia. Setiap hari, sampah dibuang sembarangan tanpa memikirkan pencemaran lingkungan.

Pencemaran itu juga terjadi di Waduk Pusong, Kota Lhokseumawe, Aceh. Waduk berkapasitas 60 hektare itu banyak dicemari berbagai jenis sampah hingga mengeluarkan bau tidak sedap.


Padahal, kawasan tersebut masuk salah satu tempat rekreasi masyarakat. Fungsinya banyak, bisa untuk warga jogging, menjala ikan dan juga ada disediakan berbagai kuliner khas Aceh. Tentunya, bisa untuk melepas penat pasca seharian bekerja di kantor.
Namun, karena banyaknya tumpukan sampah di pinggiran waduk. Sekarang, minat masyarakat pun berkurang. Sebab masyarakat terganggu bau menyengat akibat sampah beterbangan.
Penampakan sampah plastik di wadukPenampakan sampah plastik di waduk (Foto: Datok Haris Molana/detikcom)

"Sampahnya banyak. Hingga baunya tidak sedap lagi. Padahal, di waduk ini enak untuk bersantai sejenak usai sibuk beraktivitas sejak pagi hari," kata salah seorang warga, Yanti, kepada detikcom, Sabtu (30/3/2019).
Yanti menyebutkan banyaknya sampah tersebut harus segera diperhatikan oleh pemerintah setempat. Juga terhadap warga harus senantiasa membuang sampah pada tempatnya. Jika tidak, pastinya akan berdampak pada lingkungan dan air sehingga menjadi gangguan kesehatan.

"Kesadaran masing-masing penting. Kemudian, pemerintah juga harus menyediakan wadah buang sampah di tempat keramaian," sebut Yanti.


Sebagai informasi, WWF Indonesia dan IAM Flying Vet, pada 2018 mencatat, ada 25 kasus biota laut terdampak limbah buangan aktivitas manusia. Semua jenis plastik membahayakan biota laut baik yang makroplastik maupun mikroplastik.

Sementara data yang dilansir peneliti lingkungan asal Universitas Georgia AS, Jenna Jambeck, Indonesia ialah negara yang termasuk dalam kategori penyumbang sampah laut nomor dua di dunia setelah Tiongkok. Dari hasil sampling, estimasi total sampah mencapai 1.186.134,41 ton dengan estimasi sampah plastik mencapai 488.095,89 ton.
(jbr/jbr)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi dah di situ https://news.detik.com/berita/d-4490178/duh-waduk-pusong-lhokseumawe-berbau-tak-sedap-akibat-sampah-plastik

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Duh! Waduk Pusong Lhokseumawe Berbau Tak Sedap Akibat Sampah Plastik - detikNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.