Search

Ketinggian Sampah di Krueng Tanjong Capai Satu Meter, Petugas Kebersihan Banda Aceh Dikerahkan - Serambi Indonesia

Laporan Misran Asri | Banda Aceh

 SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Petugas Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan, dan Keindahan, Kota (DLHK3) Banda Aceh, kembali dikerahkan untuk membersihkan sampah yang telah menggunung di aliran Krueng Tanjong, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, yang berbatasan dengan Desa Cot Mesjid, Kecamatan Luengbata, Banda Aceh, Jumat (29/3/2019).

Baca: PA Aceh Barat Kembali Berkampanye, Delapan Partai Lain Tidak 

Plt Kepala DLHK3 Banda Aceh, Jalaluddin MT, kepada Serambinews.com, mengatakan belasan ton sampah buangan di dalam aliran Krueng Tanjong dekat jembatan yang berbatasan dengan Kota Banda Aceh itu, beragam jenis, mulai sampah plastik, popok bayi, sampai botol minuman mineral berbagai jenis, sehingga ketinggian tumpukan sampah di dalam sungai itu mencapai satu meter.

Baca: Aliran Sungai Gampong Lutueng Kabupaten Pidie Dijadikan Lokasi Arung Jeuram PORA dan PON 2024

Bahkan sampah yang sudah bertahan lama di lokasi, telah menggangu aliran air, terhambat serta menimbulkan bau tak sedap dan dikeluhkan oleh warga sekitar.

“Posisi Krueng Tanjong ini masih berada dalam wilayah Aceh Besar. Tapi, mengingat kalau kondisi ini akan dibiarkan, maka Kota Banda Aceh akan ikut berdampak. Atas dasar itulah, akhirnya kami mengambil sebuah sikap untuk membersihkannya,” kata Jalaluddin.

Ia menjelaskan untuk membersihkan belasan ton sampah di bawah jembatan aliran Krueng Tanjong itu, membutuhkan waktu tiga hari. Karena, selain berbagai jenis sampah yang dibuang di sana, batang-batang pohon juga ikut dibuang di sana.

Di samping itu, lanjut Jalaluddin, dukungan alat bantu yang digunakan saat membersihkan sampah seadanya, seperti jala sampah yang digunakan oleh masing-masing petugas untuk menarik sampah dari dalam sungai, tali, keranjang rotan, serta sejumlah peralatan sederhana lainnya.

Baca: Dian Al Mahri Pendiri Masjid Kubah Emas Depok Sosok Dermawan, Jenazah Dimakamkan di Depan Masjid

“Begitu sampah-sampah itu telah menumpuk, selanjutnya kita angkut untuk dibawa ke TPA. Kami juga minta masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, apalagi di dalam sungai dan saluran. Letakkan saja di depan rumah, insya Allah petugas kami akan mengambilnya,” harap Jalaluddin. (*)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi dah di situ http://aceh.tribunnews.com/2019/03/29/ketinggian-sampah-di-krueng-tanjong-capai-satu-meter-petugas-kebersihan-banda-aceh-dikerahkan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ketinggian Sampah di Krueng Tanjong Capai Satu Meter, Petugas Kebersihan Banda Aceh Dikerahkan - Serambi Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.