Search

Libur Lebaran, Waspadai Ubur-ubur dan Sampah di Bantul

Jakarta, CNN Indonesia -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, mengimbau wisatawan mewaspadai keberadaan ubur-ubur yang saat ini muncul di kawasan pantai selatan agar tidak terkena sengatan hewan tersebut.

Kepala Pelaksana BPBD Bantul, Dwi Daryanto, mengatakan ubur-ubur itu muncul karena cuacanya dingin.

"Saat ini ubur-ubur sudah muncul di sepanjang pantai selatan, bukan karena bertepatan dengan (jelang) libur Lebaran," kata Dwi, seperti yang dikutip dari Antara.


Untuk itu, ia melanjutkan, wisatawan yang berkunjung ke kawasan pantai selatan Bantul diharapkan tidak menyentuh apalagi bermain dengan hewan yang menyerupai gelembung berwarna biru transparan.
Dwi mengatakan kebanyakan kasus sengatan ubur-ubur karena ketidakpahaman tentang hewan itu, bahkan anak-anak atau remaja dengan sengaja memegang ubur-ubur karena disangka sebagai mainan.

Untuk mencegah kasus sengatan ubur-ubur, pihaknya akan memasang spanduk-spanduk imbauan kepada wisatawan, sedangkan untuk penanggulangan pihaknya berkoordinasi dengan puskesmas atau petugas medis setempat.

Tak hanya ubur-ubur, di momen liburan Idul Fitri 1439 Hijriah masalah sampah juga mengintai Kabupaten Bantul.

Untuk itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bantul, Masharun Ghozalie, akan menyiagakan sekitar 300 petugas kebersihan.

"Kami yakini ada tambahan sampah sekitar 25 sampai 40 persen saat libur Lebaran. Oleh karena itu kita pastikan nanti H-1 Lebaran kondisi bersih dulu, agar tidak menumpuk kalau ada tambahan sampah," ujarnya.

Menurutnya semua petugas kebersihan di bawah koordinasi DLH Bantul itu akan dioptimalkan dan disebar ke semua wilayah Bantul, melalui unit pelaksana teknis (UPT) masing-masing kecamatan. 


Ia mengatakan petugas kebersihan akan memprioritaskan penanganan sampah di wilayah-wilayah Bantul yang menjadi pusat-pusat keramaian, kemudian sepanjang jalan protokol dan tempat wisata, bahkan perkantoran instansi pemerintah.

"Liburan Hari Raya ini menjadi sebuah momen penting untuk mendongkrak wisatawan ke Bantul, sementara kata kuncinya kita ketahui bahwa wisatawan banyak datang dan kemudian 'kerasan' kalau kawasannya bersih, asri, nyaman dan aman," kata Masharus, seperti yang dikutip dari Antara.

Ia mengatakan, armada pengangkut sampah yang dimikiki Pemkab Bantul juga tidak akan berhenti beroperasional selama Lebaran.

(agr)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi dah di situ https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180609180643-269-304874/libur-lebaran-waspadai-ubur-ubur-dan-sampah-di-bantul

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Libur Lebaran, Waspadai Ubur-ubur dan Sampah di Bantul"

Post a Comment

Powered by Blogger.