Search

Setiap Lebaran Sampah Menumpuk Tak Terangkut, Begini Solusi ...

Laporan Wartawan Tribunkaltim Budi Susilo

TRIBUNKALTIM.CO BALIKPAPAN - Penumpukan sampah yang terjadi saat momen Idul Fitri di beberapa bak sampah umum wilayah Kota Balikpapan bukan alasan karena kurangnya armada angkutan sampah.

Hal ini ditegaskan Koordinator Sentra Program Pemberdayaan dan Kemitraan Lingkungan (Stabil) Balikpapan, Hery Sunaryo, kepada Tribunkaltim melalui sambungan telepon selulernya pada Rabu (20/6/2018) siang.

Dirinya ungkapkan, armada angkutan sampah yang ada di Kota Balikpapan sudah bisa dikatakan cukup ideal.

Ketika di luar hari raya Idul Fitri selalu bisa ditangani secara baik, tidak sampai sampah menumpuk hingga menggunung.

"Hari biasanya bisa berjalan normal. Tidak ada kendala," katanya.

Karena itu, alasan penumpukan sampah saat Idul Fitri karena kurangnya armada angkutan sampah itu bukan sebuah pola pikir yang logis.

Menurutnya, persoalan mendasar saat terjadi tumpukan sampah di hari raya Idul Fitri karena beberapa pegawai atau petugas kebersihan yang biasa melakukan angkut sampah ternyata banyak yang ikut merayakan Idul Fitri.

"Yang biasa menjadi petugas kebersihan merasakan hari raya Idul Fitri, ditambah ada pasokan sampah lebih besar jelas sampah menumpuk," kata Hery. 

Kedepan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Balikpapan perlu melakukan terobosan, satu diantaranya harus berani memberikan insentif bayaran yang lebih besar bagi para petugas kebersihan yang bekerja saat momen Idul Fitri.

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi dah di situ http://kaltim.tribunnews.com/2018/06/20/setiap-lebaran-sampah-menumpuk-tak-terangkut-begini-solusi-lsm-stabil-balikpapan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Setiap Lebaran Sampah Menumpuk Tak Terangkut, Begini Solusi ..."

Post a Comment

Powered by Blogger.